Loading...

Tips Cara Merawat Battery Hp Android Biar Awet

Hp android banyak dipilih banyak orang karena banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan di dalam hp tersebut karena cukup canggihnya hp android, namun karena banyaknya fitur hp tersebut juga memiliki sisi negatif yang membuat orang bertanya "mengapa hp android baterainya cepat habis ?".

Sebenarnya jawabannya simple saja, yaitu karena banyak sekali aplikasi besar atau kecil di dalam hp tersebut. Aplikasi tersebut memakan baterai saat kita menggunakannya, jadi jikalau dalam hp android anda ada sebuah aplikasi yang tidak digunakan maka hapus saja dan bagi yang digunakan jangan dihapus melainkan setelah anda menggunakannya langsung saja anda keluarkan baik dalam tab atau backgroundnya.

Banyak aktivitas-aktvitas yang tidak disadari para pengguna yang menyebabkan performa baterai menjadi lebih cepat menurun.

Hal ini akan membuat baterai tidak dapat berfungsi dengan baik, dan yang lebih parah lagi akan menyebabkan kerusakan permanen.

Lalu bagaimana caranya untuk merawat baterai hp android yang Kamu miliki?

Apa saja hal-hal yang perlu Kamu perhatikan untuk performa baterai Kamu tetap terjaga dengan baik?

1. Lakukan pengisian baterai dengan sehat

Baterai handphone ataupun produk gadget sejenis umumnya (atau bahkan bisa dibilang seluruhnya) merupakan baterai isi ulang.Itu artinya, baterai jenis ini dapat diisi ulang kembali (recharging) ketika daya yang tersimpan pada baterai telah habis.

Kondisi tersebut membuat pola pengisian baterai menjadi sangat penting, khususnya terkait dengan kesehatan pada baterai tersebut. Pola pengisian baterai yang salah, cenderung akan berdampak buruk bagi performa baterai secara jangka panjang.

Tips Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas

7 Aplikasi Nonton TV Terbaik Di Android 2017

Cara Menambah Ram Android Tanpa Root

Hal yang perlu untuk Kamu perhatikan terkait hal ini yaitu jangan terlalu lama melakukan pengisian. Pengisian baterai yang dilakukan terlalu lama akan berdampak buruk bagi kondisi baterai.

2. Hindarkan Tempat Yang Panas dari Smartphone

Menaruh hp pada tempat panas itu harus dihindari karena baterai hp yang kepanasan selama berkepanjangan sangat mudah mengalami kerusakan. Seperti halnya baterai yang berbahan lithium-ion, baterai jenis ini sebaiknya berada dan disimpan pada suhu 15 derajat celsius, dan kisaran suhu yang dapat ditangani oleh baterai jenis itu adalah sekitar -40 sampai pada 50 derajat celsius.

3. Jangan isi baterai terlalu penuh

Hal ini mungkin tidak banyak diketahui oleh para pengguna gadget. Kebanyakan pengguna cenderung akan mengisi baterainya sampai penuh, hingga full 100 %.

Namun, apakah hal tersebut baik untuk selalu dilakukan? Dan jawabannya ternyata tidak. Selalu mengisi baterai hingga kemampuan maksimalnya ternyata tidak terlalu disarankan. Sebenarnya tidak ada larangan untuk selalu mengisi baterai handphone hingga 100 %, hanya saja hal tersebut lebih baik tidak Kamu lakukan terlalu sering.

Perlu Kamu ketahui, performa terbaik baterai rata-rata biasanya adalah ketika daya yang tersimpan didalamnya berada pada kisaran 50-80 % saja. Pengguna disarankan untuk mengisi baterai hingga kisaran tersebut sebagai langkah untuk merawat dan memperpanjang umur baterai. Pengisian hingga maksimum 100 %  ternyata secara jangka panjang dapat mempengaruhi performa dan daya tahan baterai secara umum.

4. Segera hentikan pengisian jika baterai androidmu telah penuh!

Seringkah Kamu melakukan charging pada handphone Kamu sebelum tidur, dan membiarkannya tetap dicharge semalaman penuh? Sebaiknya kebiasaan tersebut segera Kamu tinggalkan.

Pada umunya baterai handphone dapat terisi penuh dengan memakan waktu sekitar 1-3 jam. Akan menjadi hal yang berlebihan apabila Kamu kemudian membiarkan gadget Kamu tetap terpasang ke sumber listrik semalaman penuh (6-8 jam). Selain tidak bermanfaat, ternyata kebiasaan tersebut dapat pula membuat performa baterai menjadi menurun.

Umumnya karena kebiasaan ini, akan menyebabkan baterai menjadi lebih cepat kehabisan daya, atau biasa juga disebut “baterai bocor”. Kondisi tersebut akan membuat penggunanya menjadi lebih sering melakukan pengisian ulang baterai.

Nah itulah beberapa tips dalam merawat hp android agar awet serta tidak cepat rusak, semoga bermanfaat dan baterai androidmu tetap awet.

Tips Android 9184466665277811438

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

ADS

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo